Menteri Agama Paling Memuaskan Kedua Versi Indo Barometer

By Admin

nusakini.com--Lembaga survei Indo Barometer kembali merilis hasil surveinya terkait kinerja jajaran Menteri Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. 

Hasil survei menunjukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menempati posisi kedua sebagai pembantu Presiden dengan kinerja yang paling memuaskan dengan perolehan angka 12.3%. Di atas Menag ada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan 26.3%. 

Survei dengan tajuk 'Evaluasi Publik Dua Setengah Tahun Pemerintahan Jokowi-JK' ini dilakukan Indo Barometer di 34 provinsi pada 4 - 14 Maret 2017. Dengan jumlah responden 1.200 orang, margin error pada survei tersebut sebesar kurang lebih 3,0%. 

"Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri secara umum sebesar 51,3%, yang tidak puas 30,9%, dan yang tidak tahu/tidak jawab sebesar 17,8%," ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam rilis hasil suveri, di Jakarta, Rabu (22/3). 

Indo Barometer juga melakukan survei sejenis pada Oktober 2015. Saat itu,Menag Lukman menempati urutan keempat sebagai pembantu Presiden dengan kinerja memuaskan. Sebelumnya, dalam survei yang dilakukan pada Februari 2015,

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Menag LHS sebagai menteri dengan kinerja paling memenuhi harapan. Sementara SETARA Insitute (November 2015), mengidentifikasi Menag masuk dalam 10 besar menteri yang kompeten pada bidangnya. (p/ab)

Berikut adalah urutan menteri yang dianggap memiliki kinerja baik menurut Survei Indo Barometer adalah: 

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (26,3%)

2. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (12,3%)

3. (Mantan) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan (8,9%).

4. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (8,3%)

5. Menteri Kesehatan Nila Moeloek (8,2%)

6. Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri ESDM (6,4%) 

7. Menteri Keuangan Sri Mulyani (4,4%)

8. Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharini (4,3%)

9. Mendikbud Muhadjir Effendy (2,2%)

10. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (1,6%)

11. Menristek Dikti M Nasir (1,6%) 

12. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi

13. Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan (1,4%)

14. Menteri Pertanian Amran Sulaeman (1,3%)

15. Menteri ESDM Ignasius Jonan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan (1,2%)

Menteri Kabinet Kerja lainnya, hanya mendapat perolehan angka di bawah satu persen. 

Survei Indobarometer juga memotret kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK dalam menanggulangi berbagai masalah. Penanggulangan masalah yang dianggap memuaskan karena mendapat perolehan lebih dari angka 50% adalah program pembangunan, pendidikan, menjaga toleransi agama, pemberantasan narkoba, terorisme, dan menjaga keadilan sosial. 

Adapun penanggulangan masalah yang dinilai masih kurang adalah yang berkaitan dengan perekonomian seperti kesejahteraan rakyat, stabilitas harga sembako, kemiskinan, lapangan pekerjaan dan pengangguran, serta pemberantasan korupsi.(p/ab)